Showa Kinen Koen : Taman Terluas dan Terindah di Area Tokyo

Selama beberapa tahun tinggal di Jepang, salah satu hal yang paling berkesan yaitu keindahan tamannya di berbagai musim. Masyaa Allah ini yang bikin betah keluyuran terus 😂. Tapi karena situasi belum kondusif padahal udah kangen banget traveling jadi traveling virtual lewat foto di galeri HP dulu ajaa 😄

Showa Kinen Park, Tachikawa, Tokyo.

Showa Kinen Koen atau Showa Kinen Park ini salah satu taman terindah menurut saya sih di area Tokyo. Jaraknya gak terlalu jauh dari pusat kota Tokyo yaitu sekitar 40 sampai 50 menit menggunakan kereta dari Tokyo station. Kalau temen-temen lagi wisata di daerah Tokyo di musim semi (Maret-April) atau gugur (November-Desember), taman ini harus banget masuk itinerary yaa. Tempat yang menyenangkan juga buat menghilangkan penat dari ramainya pusat kota Tokyo.

Showa Kinen Park, Tachikawa, Tokyo.

Keindahannya Showa Kinen Park gak kalah dari taman-taman terkenal yang ada di pusat kota tokyo kaya Shinjuku Gyoen dan Yoyogi Koen. Kalau menurut saya sih malah jauh lebih indah dan seru, soalnya lebih banyak fasilitas yang bisa dinikmati buat wisata bareng keluarga terutama anak-anak. Anak senang, ibu senang deh hehe.

Kodomonomori, Showa Kinen Park.

Showa Kinen Park (昭和記念公園-Showa Memorial Park) yang berlokasi di Kota Tachikawa (sebelah barat Tokyo) ini merupakan taman paling luas di area Tokyo (180 hektar atau sekitar 31 kalinya Tokyo Dome). Showa Kinen Park memiliki beragam area, seperti taman Jepang, taman bunga musiman, area bermain anak (playground), hutan anak (kodomonomori/children’s forest), picnic area dan barbeque area, danau dengan pedal boat, kolam renang di musim panas dan lainnya.

Picnic Area at Showa Kinen Park, Tachikawa, Tokyo.

Showa Kinen Park : Indah di Setiap Musim

Showa Kinen Park selalu memiliki daya tarik tersendiri sepanjang tahun, yang gak akan bikin kita bosen, mestipun dikunjungin berkali-kali. Bunga sakura, bunga tulip, bunga kosmos, bunga matahari, daun-daun musim gugur dan lainnya. Setiap musim bergantian mewarnai Showa Kinen Park. 😍

Showa Kinen Park di Musim Semi

Bunga sakura adalah salah satu hal yang bikin saya bermimpi bisa ke Jepang dulu. Bunga ini kehadirannya singkat banget (sekitar 2-3 minggu setiap tahunnya), tapi paling diburu, ditunggu dan membawa keajaiban setiap musim semi tiba.

Showa Kinen Park ini merupakan salah satu taman terindah di sekitar Tokyo untuk menikmati keindahan bunga sakura. Mulai dari pertengahan Februari, jenis Kawazu Sakura (jenis sakura yang berasal dari Kawazu, yang sering disebut juga sebagai early blooming cherry blossom) mulai mekar. Sedangkan sakura Somei Yoshino (jenis yang paling umum ditemui) mulai mekar akhir Maret sampai dengan awal April. Selanjutnya ada bunga tulip yang mulai mekar di minggu kedua April di Showa Kinen Park dan area Tokyo lainnya.

Musim Semi tahun lalu, kita berkunjung ke Showa Kinen Park di tanggal 13 April 2019, pas banget bunga sakura masih bermekaran bareng tulip. MasyaaAllah, pemandangannya cantik banget gak ada obatnya .

Showa Kinen park di Musim Gugur

Musim gugur termasuk waktu favorit kita buat menikmati keindahan Showa Kinen park. Di musim gugur daun pohon ginko berubah menjadi warna kuning menyala, sedangkan daun pohon mapple menjadi warna merah menyala. Showa Kinen Park ini bikin jatuh cinta sejak pertama kali waktu saya berkunjung tahun 2015, di musim gugur. Sejak itu kita gak pernah melewatkan musim gugur di Jepang tanpa berkunjung ke Showa Kinen Park.

Ginko tunnel di Showa Kinen Tachikawa ini ada di area dekat gerbang Tachikawa. Magical banget, pas semua daunnya berubah kuning menyala dan berjatuhan, berasa jalan diatas karpet ajaib.

Naik Pedal Boat di Showa Kinen Koen

Salah satu kegiatan seru bareng keluarga yang bisa dicoba adalah naik pedal boat di danau Showa Kinen Park yang dikelilingi pemandangan indah banget, terutama di musim gugur. Harga sewa per 30 menit yaitu 700 yen.

Children’s Forest (Kodomonomori)

Kodomonomaori (Children’s Forest) ini salah satu area yang paling nyenengin buat anak-anak di Showa Kinen Park karena banyak permainan tersedia disini. Saat ada disini, bisa melupakan sejenak hiruk pikuk kota dan menikmati keindahan alam di hutan anak-anak. 😄

Salah satu permainan yang seru banget buat anak-anak adalah perosotan yang panjang banget, jungle gym dan permainan seru lainnya di Kodomonomori yang bikin betah anak dan susah diajak pulang dong. Wkwk.

Long slide at Kodomonomori, Showa Kinen Park, Tokyo.

Playground

Selain Kodomonomori, ada juga playground anak di dekat seasonal flower garden. Disini banyak banget juga fasilitas yang bisa dimainin, mulai dari jungle gym, sand pit sampai trampoline.

Japanese Garden

Taman Jepang ini merupakan salah satu spot yang wajib banget dikunjungin, terutama di musim gugur. Banyak banget pohon maple yang berwarna warni dengan pemandangan khas taman jepang banget.

Mesin Tiket

Saat tiba di gerbang Nishi-Tachikawa, kita bisa langsung membeli tiket lewat mesin tiket yang udah disediakan. Di gerbang masuk juga ada penjualan tiket manual kalau ada kesulitan.

Baby Room di Gerbang Masuk Nishi-Tachikawa

Pertama kali berkunjung ke Showa Kinen park setelah ada Toshi, waktu umurnya 7 bulan. Hal pertama yang saya cari adalah nursing room. Hehe. Kebanyakan tempat wisata di daerah Tokyo menyediakan baby room dan juga nursing room. Tempatnya juga bersih dan rapi. Jadi jalan-jalan bareng bayi jadi lebih menyenangkan deh. 😍

Showa Kinen Park : Akses Dan Biaya Masuk

Jarak tempuh dari pusat kota Tokyo ke Tachikawa sekitar 30 menit dengan menggunakan kereta lokal. Stasiun terdekat dengan Showa Kinen Park yaitu stasiun Nishi-Tachikawa (JR Line). Jarak tempuh dari Nishi-Tachikawa ke gerbang masuk Nishi-Tachikawa cuma sekitar 2 menit, karena langsung di depannya. Selain itu Showa Kinen Koen juga bisa diakses dari stasiun Tachikawa dan jalan sekitar 10 menit sampai ke gerbang masuk Tachikawa gate.

Harga tiket masuknya relatif murah, buat taman seluas dan seindah ini, yaitu 450 yen (gratis untuk anak dibawah umur 15 tahun).

Waktu buka Showa Kinen Park ini berubah setiap musim. Untuk jadwal paling update silahkan kunjungi website resmi Showa Kinen Park.

1 Maret – 31 Oktober : 9.30 am – 17.00 pm

1 November – Akhir Februari : 9.30 am – 16.30 pm

1 April – 30 September, sabtu, minggu dan hari libur : 9.30 am – 18.00 pm

Pada saat musim panas :

16 Juli sampai Hari Minggu ketiga Agustus : 9.30 am – 19.00 pm Ketika kolam renang dibuka

Senin minggu ketiga Agustus sampai 4 September : 9.30 am – 18.30 pm ketika kolam renang dibuka

Website resmi Showa Kinen Park : https://www.showakinen-koen.jp/guide-english/schedule-english/

Author: Chemist_29

Sebaik-baiknya manusia diantara kamu adalah yang paling banyak manfaatnya untuk sesama manusia (HR Bukhari dan Muslim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s