Catatan Musim Dingin di Jepang

Masih dalam suasana musim dingin 2019 di negeri sakura, Jepang.

Alhamdulillah qadarullah awal musim dingin kali ini berbeda dari biasanya, ada sesuatu yang baru yang mengajak kita (saya dan toshi) berkenalan, siapa dia? jawabannya bukan manusia biasa, tapiii norovirus aka winter bug dan di tengan musim dingin toshi dan ayahnya kenalan sama influenza virus-A. Dua virus ini memang jadi endemic di jepang saat musim dingin. Makanya di musim dingin, kebanyakan orang di Jepang menggunakan masker saat bepergian keluar rumah. Jadi ada dua tipe orang yang pake masker di Jepang, pertama yang lagi sakit (biar gak nularin ke yang lain), kedua yang mencegah ketularan orang yang lagi sakit.

Apa itu norovirus (winter bug)? (biasanya awal musim dingin)

Bisa langsung cus mbah google aja dan penjelasannya sudah banyak yaa.. (membantu sekali kan? :D). Kejadiannya akhir november (awal musim dingin) pas sehari setelah hari lahir saya. Awalnya saya juga gak sadar itu adalah norovirus. Tengah malam/pagi buta tiba-tiba saya mual dan muntah-muntah, saya kira maag saya kambuh karena telat makan. Pagi-pagi saya kena diare juga, lalu setelah itu ke cek dokter. Dokter bilang saya kena virus bla bla bla ditulis sama dokternya tapi gak kebaca karena lagi lemes :D. Terus dikasih obat. Setelah itu, saya minum obat dan makan banyak karena kelaparan. Siangnya saya udah gak muntah dan diare lagi, tapi perutnya sakit banget, melilit, perih setelah makan (ternyata harusnya gak boleh langsung makan banyak karena perutnya masih kaget, jadi harus sedikit-sedikit dikasih jeda dan yang mudah dicerna). Besoknya alhamdulillah udah baikan.

Ternyata norovirus ini contagius juga makanya jadi endemic di awal musim dingin. Qadarullah dua hari setelahnya tiba-tiba pas bangun, pagi toshi rewel minta digendong dan muntah, sejak semalem pun gitu tidurnya gak nyenyak dan minta digendong (kalau udah minta digendong gini pasti ada sesuatu yang kerasa, sedih banget). Muntah-muntahnya berulang kali dan setiap habis minum asi, makanan dan minuman masuk langsung muntah lagi. Hari itu minggu, jadi dokter anaknya toshi yang di deket rumah tutup. Setiap hari libur, minggu kebanyakan dokternya tutup. Jadi kita harus berobat ke rumah sakit dan masuknya katagori pasien emergency.

Singkat cerita, ini merupakan sakit toshi yang paling bikin sedih selama ini. Toshi jadi lemes banget karena muntah dan diare, sedangkan makanan dan minuman gak bisa masuk karena mual dan muntah lagi. Selama 4 hari kita bolak balik ke dokter tiap hari (bahkan ada yang sehari dua kali karena kita kuatir banget toshi dehidrasi dan lemes banget gak ada makanan yang bisa masuk), kita sempet minta toshi dirawat aja, tapi dokternya bilang suruh coba dirawat di rumah dulu sambil dicek belum ada tanda-tanda dehidrasi di hari ke-2. Setelah 3 hari toshi demam dan masih susah minum dan gak bisa makan apa-apa, dokter akhirnya mau ngerujuk ke rumah sakit, tapi qadarullah tiba-tiba toshi mau makan sebelum jadi ke rumah sakit. Alhamdulillah banget. Soalnya kasian banget kalau harus diinfus, pasti nangis-nangis kejer :(. Setiap dibawa ke dokter aja udah gak tega, nangis terus. Selama 4 hari itu cuma bisa minum asi dan minum sedikit-sedikit banget. Dari pengalaman ini kita antara was-was dan salut sama dokter anak di Jepang yang gak semudah itu nyuruh anak dirawat inap. Karena rawat inap itu bakal lebih sulit dan gak nyaman buat anak juga orang tuanya. Selama sakit kena norovirus ini Toshi lemes banget, maunya cuma digendong terus tidur, gak kaya toshi yang biasanya selalu ceria dan energik :(. Disaat lagi lemes banget tapi toshi masih sempet senyum dan bilang ibu cantik (makin sedih). Toshi anaknya emang sabar banget kalau sakit, cuma minta digendong. Sebelumnya, mestipun demam tinggi toshi belum pernah sampai selemes itu, jadi kita kuatir banget. Ayahnya pun sampe libur seminggu selama toshi sakit kali ini. Selama sakit dokter nyaranin untuk minum cairan elektrolit dan makan jelly atau makanan yang ada gulanya (jus buah dll) buat sumber energi.

Sedikit tips buat ngebersihin muntahan yang kena norovirus, harus dilap bersih pake desinfektan dan bajunya dicuci bersih pake detergen. Virus gak mati dengan air panas, karena sesuangguhnya virus bukanlah makhluk hidup seperti bakteri.

Apa itu influenza-A?

Awalnya ayahnya toshi yang kena, gejalanya tiba-tiba gak enak badan, sakit tenggorokan, demam dan sakit badan, linu semua buat lebih lengkap cek mbah gugel yaa. Setelah dicek ke dokter ternyata influenza-A, beda jenis virusnya sama common cold (flu biasa). Kata dokter ayahnya toshi gak boleh masuk kerja dulu sampe seminggu karena virusnya ini contagius banget. Udah berusaha pake masker dan jauh-jauh tapi qadarullah beberapa hari kemudian anak bayik kena juga. Sedih banget. Panasnya tinggi banget terutama malem hari dua hari panasnya 40 derajat lebih.

Setiap sakit, mengingatkan bahwa betapa harus disyukuri nikmat sehat. Alhamdulillah. Semoga catatan ini selalu mengingatkan untuk lebih bersyukur setiap harinya disaat masih diberikan nikmat kesehatan.

Author: NovaPI

Sebaik-baiknya manusia diantara kamu adalah yang paling banyak manfaatnya untuk sesama manusia (HR Bukhari dan Muslim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s