Sewa/Kontrak Apato (Apartement) di Jepang

Apato (Apartement) merupakan jenis tempat tinggal yang sangat umum di Jepang. Buat orang Jepangnya sendiri yang udah berkeluarga Apato adalah salah satu tempat tinggal yang sangat umum termasuk mansion dan flat (berdasarkan beda jenis bangunan, fasilitas dan harga pastinya). Jadi buat punya rumah pribadi di Jepang itu katanya sih cukup sulit dan mahal bingit, jadi yang bisa punya rumah sendiri udah dipastiin orang yang udah diatas sangat sejahtera. Tapi yang tinggal di Apato atau Mansion bukan berarti gak sejahtera, karena semua orang yang punya kerjaan di Jepang hampir pasti sejahtera, cuma beda tingkat kesejahteraannya aja. Heheh

Buat gaijin (orang asing) yang tinggal di Jepang sebagai mahasiswa atau pekerja, sewa apato merupakan pilihan paling memungkinkan (selain dormitory buat mahasiswa). Pada umunya prosedur sewa Apato di seluruh Jepang mirip.

Buat ngurus Apato ini gampang-gampang susah. Pertama kita pergi ke agen fuudosan (agen Apato). Buat orang yang udah jago nihongo (bahasa jepang) mungkin enggak bermasalah, tapi untuk yang enggak bisa nihongo itulah masalahnya hehe.. Kebanyakan agen apato kurang bisa bahasa inggris (mestipun kalau cukup beruntung ada terutama di daerah yang banyak gaijinnya). Jadi alternatif untuk yang enggak bisa bahasa Jepang cari agen Apato yang bisa bahasa Inggris atau minta bantuan temen yang bisa bahasa Jepang.

Pertama kita ngasih tau ke fuudosan ngasih tau qualifikasi Apato yang diharapin contohnya berapa kamar, fasilitas dan harga sewa perbulannya. Setelah itu fuudosan nanti ngerekomendasiin apato yang sesuai sama qualifikasi tadi dan kita diajak ngeliat langsung Apatonya.

Catetan penting yang harus disiapin juga buat awal sewa/kontak Apato, diawal bakal ada biaya yang diperluain selain sewa apato perbulannya sekitar 3-4 kali dari uanh sewa Apato perbulan. Contohnya di daerah saya di Ichikawa, Chiba (pinggiran Tokyo) harga sewa Apato berkisar 60 ribu yen, Harga awal yang kita bayar total sekitar 200 ribu yen (termasuk biaya sewa Apato sebulan, deposit sewa Apato (shikikin), uang kunci (reikikin), uang komisi agen, uang kebesihan dll)

Persiapan sebelum kontrak apato yaitu:

  1. Hanko/Inkan (stamp) sebagai pengganti tanda tangan di Jepang
  2. Rekening Bank buat sewa perbulan bayarnya autodebet dari rekening kita
  3. Nomor HP buat syarat komunikasi sama fuudosan  (jadi sebelum kontrak apato harus punya HP Jepang dulu)
  4. Guarantor merupakan penjamin si penyewa yang bakal bertanggung jawab atas apapun yang terjadi selama kontrak Apato. Biasanya permanent resident di Jepang (bisa orang jepang, orang yang udah lama tinggal dan kerja di jepang) atau perusahaan jasa sebagai guarantor. Kebetulan saya dan suami pake jasa ini, jadi setiap tahun kita bayar 10 ribu yen. Lebih enak karena enggak ngerepotin orang lain 😀

Author: Chemist_29

Sebaik-baiknya manusia diantara kamu adalah yang paling banyak manfaatnya untuk sesama manusia (HR Bukhari dan Muslim)

2 thoughts on “Sewa/Kontrak Apato (Apartement) di Jepang”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s